Sabtu, 07 Januari 2012

Fakta unik boyband dan girlband korea


boyband-wear-hanbok
1. Semua girlband dan boyband di Korea itu pasti punya leader (pemimpin).
Dan biasanya yang dijadiin leader itu, kalo gak personil tertua di grup atau personil yang punya bakat kepemimpinan walaupun dia bukan anggota tertua di grup. Contoh untuk personel yang dijadikan leader karena dia paling tua, Leeteuk di Super Junior (Leeteuk pernah ngaku kayak gitu di suatu interview, entah becanda ato gak), Onew di SHINee, dan laen-laen. Contoh untuk personel yang dijadiin leader bukan karena dia anggota tertua, kayak G-Dragon di Big Bang, atau Choi Jong Hoon di FT Island, ato U-Know Yunhoo di TVXQ, dan CL dari 2NE1.
2. Apa sih persamaan dari leader-leader ini? G-Dragon, U-Know Yunho, Leeteuk, Yoon Doo Joon, CL, Sun Ye?
Kalo bisa nebak berarti pinter. Yeah, semua leader ini bergolongan darah A. Rata-rata boyband/ girlband Korea memang mempunyai leader yang bergolongan darah A. Ada kabar yang menyebutkan kalo manajemen artis di Korea memang menetapkan aturan bahwa leader dari suatu grup (baik boyaband ataupun girlband) harus bergolongan darah A. Orang bergolongan darah A cenderung stabil, penuh kharisma, bertanggung jawab serta selalu mengikuti aturan -mungkin maksudnya disiplin- dan pembawaannya tenang. *Gue percaya ama hal yang satu ini*
3. Maknae sebuah grup harus lucu
Mungkin keliatannya maksa ya? Tapi emang begitu kenyataannya. Maknae dari suatu grup biasanya bersikap konyol atau bodoh. Contoh maknae yang konyol, ya gak usah jauh-jauh ada Seungri Big Bang sama Mir MBLAQ, gak ketinggalan juga maknae Super Junior si Kyuhyun. Seungri terkenal dengan ke-pede-annya yang tingkat tinggi, dan hyung2 nya selalu ngakak kalo si Seungri itu lagi ngomong pede banget depan kamera alias narsis. Mir pun slalu jadi bahan ketawaan hyung nya kalo dia nyeletuk hal yang aneh-aneh.
4. Manajemen memilih maknae secara khusus
Jadi aku tadi nemu artikel kalo ternyata ada aturan tertentu yang dilakukan manajemen artis dalam memilih seorang maknae untuk sebuah grup. Manajemen artis Korea akan memilih seseorang untuk dijadikan maknae suatu grup berdasarkan kulit dan wajahnya! *What???* Jadi orang yang dipilih untuk menjadi maknae itu harus punya kulit susu dan wajah baby face. *Hah???* Kemudian apabila orang itu punya kriteria kulit susu dan wajah baby face yang sesuai, baru lah manajemen melihat bakatnya. Pantes, rata-rata maknae wajahnya imut-imut…
5. Maknae biasanya dipilih terakhir
Untuk bergabung ke suatu grup, biasanya manajemen akan memilih maknae di urutan terakhir. Karena alasan khusus yang udah gue sebutin di no 5 tadi, makanya terkadang manajemen kesulitan buat milih maknae dari suatu grup. Karena maknae biasanya ditempati orang-orang spesial, entah karena penampilannya ataupun bakatnya. Contoh : Song Dong Woon dari B2ST, Seungri dari Big Bang, Sohyun dari 4Minute.
6. Maknae tidak pernah segan membantu hyung-hyung atau unnie-unnie nya dalam mengerjakan sesuatu
Kalo hyung-hyung atao unnie-unnie nya sedang repot, maknae selalu ringan tangan untuk membantu. Bahkan terkadang, dalam suatu grup, si maknae inilah yang paling rajin untuk melakukan pekerjaan dalam suatu dorm. Misal, Chansung 2PM yang membersihkan bekas makan hyung nya atau Seung ri yang rela jalan kaki untuk membelikan hyung nya minum.
7. Kalo maknae terkenal, memberikan keuntungan untuk popularitas grup
Banyak manajemen artis yang menonjolkan leader grup untuk meningkatkan popularitas grup, tapi seiring berjalannya waktu manajemen artis idola ini akan menonjolkan maknae dalam grup itu untuk meningkatkan popularitas grup. Banyak maknae yang berhasil dalam hal ini. Contoh : Dongho U-KISS yang telah tampil di berbagai variety show, Jiyeon T-Ara yang sukses dengan aktingnya, Seohyun SNSD dengan We Got Married-nya, dan banyak contoh lainnya. Imbas kepopuleran mereka juga dirasakan oleh grup mereka.
8. Harus ada personel yang menonjol di grup
Dalam suatu grup idola, pasti ada satu atau dua orang yang lebih menonjol ketimbang personel lainnya, entah itu leader, maknae atau bukan. Personel yang menonjol ini biasanya mendapat perhatian lebih dari publik entah karena personalitynya atau keahliannya. Contoh: G-Dragon Big Bang karena fashionistanya, Heechul Super Junior karena kepribadiannya yang unik, Lee Gi Kwang B2ST karena kepopulerannya sebelum bergabung di B2ST, Yoona SNSD karena kecantikannya, dan masih banyak contoh lain.
9.  Biasanya di suatu grup boyband/girlband Korea, main vocalist tidak tampak menonjol
Ini yang sebenarnya gue sesalin. Suara para main vocalist ini udah gak usah diraguin lagi deh, udah pasti keren banget! Tapi terkadang mereka gak terlalu dapet perhatian lebih dari publik karena mereka kurang menonjol dibandingkan dengan personil lain di grup mereka. Kadang nasib mereka menyedihkan lho. Udah gak pernah dapet perhatian layak, kadang kalo grup tampil dengan jelek, si vokalis utama nya inilah yang kena sasaran. Publik akan menyalahkan mereka kalo grup tampil dengan suara pas-pasan ato buruk saat pentas. Ih, kasihan banget ya. Contoh beberapa idola yang jadi vokalis utama di grup nya tapi gak terlalu mendapat perhatian publik: Yesung nya Super Junior, Taeyeon nya SNSD,dan masih banyak lagi.
10. Kepopuleran suatu grup gak cuma ditunjang karena bernyanyi
Suatu grup idola di Korea akan semakin melambung namanya kalo mereka tidak hanya bernyanyi, tapi juga melakukan kegiatan entertainment lainnya. Contohnya aja membintangi sebuah iklan, jadi endorse suatu produk, atau punya reality show. Banyak contoh buat ini, misal Big Bang yang jadi endorse FILA, iklan LG Lollipop ato tampil di 1N2D (1Night 2 Days). Atau Super Junior, yang banyak tampil di reality show kayak Full House, iklan Kyoochon Chicken, dan endorse SPAO. Reality show macem Hello Baby (SNSD ama SHINee), Idol Maid (B2ST), Idol Army (FT Island, MBLAQ), semakin meningkatkan popularitas grup-grup idola ini di industri hiburan Korea.
11. Sedikitnya ada 1 personel dari suatu grup idola yang terjun ke dunia akting atau MC
Setelah mereka cukup puas dengan menyanyi, beberapa personel dari suatu grup idola biasanya akan merambah ke dunia akting atau MC. Beberapa mereka pasti sukses dengan debut mereka di dunia akting atau MC ini. Rating tayangan mereka juga sering menduduki posisi tinggi. Ini dikarenakan mereka telah terkenal sebagai personel dari suatu grup idola, maka saat kemunculan mereka sebagai aktor/aktris atau MC sangatlah ditunggu fans setia mereka. Terkadang ini dijadikan strategi bagi produser-produser Korea untuk menfdapatkan rating tinggi bagi tayangan mereka. Contoh personel grup idola yang sukses dengan karirnya selain di bidang menyanyi: TOP Big Bang, Leeteuk SuJu, Jiyeon T-Ara, UEE After School, Gi Kwang B2ST, Lee Joon MBLAQ, Jung Yong Hwa C.N.Blue, Lee Hong Ki FTIsland, dan masih banyak contoh lainnya.
12. Semua anggota boyband dan girlband Korea pasti pernah ngalamin training dan menjadi anak trainee di manajemennya masing-masing.
Masa training personel BB/GB itu gak singkat, ada yang 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan ada yang 6 tahun kayak GD ama Taeyang Oppa, tergantung kapan manajemen itu menilai si trainee itu udah layak buat debut aka diorbitin jadi penyanyi. Masa trainee tersingkat personel grup idola yang pernah gue tau tuh si Kyuhyun nya Super Junior, yang cuma 3 bulan *gue percaya Kyuhyun Oppa gak perlu terlalu lama ditraining, secara suaranya aja udah keren banget kayak gitu
13.. Rata-rata semua boyband/girlband tinggal satu rumah. 
Manajemen artis Korea menganggap penempatan satu grup boyband atau girlband dalam satu dorm/asrama, membuat manajer gampang mengatur jadwal mereka. Di sisi lain, dengan tinggal satu dorm, mereka kan juga mudah mengenal satu sama lain. Bener kan???
14. Banyak personel boyband/girlband Korea yang harus meninggalkan sekolah/kuliah nya demi karir keartisannya
So sad to hear about this, tapi emang begitulah keaadaannya. Mereka harus memilih antara impian dan kewajiban sebagai siswa. Emang kedengarannya dilematis banget, tapi itulah kehidupan! Harus mengorbankan yang satu untuk mendapatkan yang lain. Sohee Wonder Girls salah satu contohnya, dia rela melepaskan sekolahnya demi debut Wonder Girls di Amerika. Tapi tenang aja, banyak personel grup idola ini yang masih memikirkan pendidikannya kok. Ada yang kemudian mengambil ujian penyetaraan dan melanjutkan ke universitas. Namanya juga hidup, penuh pilihan toh???
15. Semua boyband dan girlband Korea pasti punya sebutan buat fans club nya. 
Kalo di Indo ada Ungu Cliquers, ada ST Setia, ada Mahapatih, dan lain sebagainya itu, di Korea fans grup idola juga punya sebutan. Dari Cassiopeia buat fans TVXQ, VIP buat fans BIGBANG, ELF buat fans Super Junior, Hottest buat fans 2PM, SONE buat fans SNSD, Blackjack buat fans 2NE1, Wonderful buat fans Wonder Girls, dan masih banyak lagi, yang kalo gue sebutin jadi terlalu panjang ni artikel

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar